Khamis, Jun 07, 2007

Dibalik Senyum Mona Llisa


Sapa yang ga kenal Mona Llisa yah meskipun ga pernah ketemu tapi paling ga kan tau lewat lukisannya, ato pernah lihat Film-nya Mr Bean? Nah kali ini akan dibahas Siapa Monalisa dan Arti senyumnya. Ternyata lukisan Leonardo Da Vinci yang dibuat antara tahun 1503 dan 1506 menyimpan beberapa misteri. Langsung aja...

1. Siapa Mona Llisa?...
Hampir semua ahli seni sepakat bahwa wanita dibalik lukisan Mona Llisa adalah Lisa Gherardini, istri seorang pedagang kaya di Florence.
Namun, Sejarawan Seni Giuseppe Pallanti mengatakan, catatan dari masa itu menunjukkan dia meninggal pada usia 63 tahun bulan Juli 1542 dan dimakamkan di sebuah biarawati di pusat kota Florence yang kini terbengkalai. Sejarawan ini mengatakan, Dia (Mona Llisa) menghabiskan sisa hidupnya setelah menjanda dan sakit di biara itu.

2. Monalisa Smile
Selama berabad-abad pecinta seni bertanya-tanya soal misteri senyuman Monalisa.
Lukisan itu dianalisa oleh komputer dari Universitas Amsterdam dengan menggunakan piranti lunak yang bisa mengenali emosi. Komputer itu menyimpulkan bahwa subjek yang diteliti 83 persen gembira, 9 persen merasa jijik, 6 persen takut dan 2 persen marah.  Komputer itu mengukur tanda-tanda seperti lekukan bibir, garis-garis di sekitar mata.

3. Da Vinci Tetechnics
misteri lain masih menyelubungi karya Da Vinci ini - khususnya tentang bagaimana lukisan diciptakan. Teknik melukis sfumto atau berasap yang digunakan Da Vinci sampai kini masih membuat para pakar bingung.

Karya masterpiece da Vinci pada abad 16 ini, kini tersimpan di Musee du Louvre (Museum Louvre), Paris. Ditempatkan dalam bingkai kaca, lukisan itu dijaga ketat. Memotret atau merekam dilarang.
Beberapa argumen-pun muncul, pengamat menyatakan bahwa Mona Lisa sesungguhnya adalah potret diri sang pelukis, Leonardo da Vinci, dalam bentuk wanita.

1 Comments:

Blogger SatoNa said...

Hee.. baru tau aku sejarahnya. haha.. Soalnya aku paling ga peduli an orgnya.. jd yaah.. bingung juga knp semua penasaran sama lukisan Mona Lisa ini. aneh ga sih kalo sampe pada penasaran senyumnya Mona Lisa tuh mengandung arti apa? Maksudnya, kalo dilukis ato difoto.. khan wajar kalo senyum? -__-a

11:43 PG  

Catat Ulasan

<< Home